Penyebab Haid Tidak lancar yang Mesti Anda Ketahui!

Terkadang para wanita sering merasa khawatir karena menstruasi yang datang terlambat atau tidak teratur.  Menstruasi yan tidak teratur atau sering terlambat bisa terjadi karena berbagai alasan selain ketika seorang wanita sedang mengandung. Kebanyakan wanita yang mengalami menstruasi dan belum mencapai menopause mengalami menstruasi setiap 28 hari dalam satu siklusnya. Jika menstruasi Anda tidak termasuk dalam rentang normal ini, mungkin Anda memiliki salah satu penyebab haid tidak lancar berikut ini!

 

Stres

 

Stres dapat mempengaruhi hormon dan  mengubah siklus harian tubuh, termasuk mempengaruhi Hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur siklus haid. Selain itu stres juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit atau masalah kesehatan lain seperti perubahan berat badan  yang dapat mempengaruhi siklus menstuasi..

 

Jika Anda mengalami stres yang mengganggu siklus menstruasi , cobalah untuk mengontrol stress dengan berlatih teknik relaksasi atau lakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Anda juga bisa menambahkan waktu berolahraga dalam rutinitas harian untuk membuat haid menjadi lancar.

 

Berat Badan

 

Wanita dengan gangguan makan, seperti anoreksia nervosa atau bulimia, sangat beresiko mengalami keterlambatan menstruasi. Berat badan 10 persen di bawah kisaran normal dapat mengubah cara tubuh Anda berfungsi dan menghentikan ovulasi. Sama seperti kekurangan berat badan, kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan perubahan hormonal, pada seseorang. Menjalani diet sehat dan rutin berolahraga dapat membantu mengatasi masalah haid tidak lancar.

 

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

 

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon androgen pria. Kista biasanya akan terbentuk di ovarium sebagai akibat dari ketidakseimbangan hormon. Hal Ini bisa mengakibatkan ovulasi tidak teratur atau menghentikannya sama sekali. Perawatan untuk PCOS biasanya hanya berfokus untuk menghilangkan gejalanya.

 

Gangguan Kelenjar Tiroid

 

gangguan fungsi Kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab haid tidak lancar dan menggangu siklusnya Tiroid mengatur metabolisme tubuh, sehingga kadar hormon ini  juga mempengaruhi siklus menstruasi. Masalah tiroid biasanya dapat diobati dengan obat-obatan. Setelah mendapatkan  perawatan, menstruasi Anda kemungkinan akan kembali normal.

 

Penyakit Kronis

 

Penyakit kronis seperti diabetes dan juga penyakit pencernaan seperti celiac disease juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Perubahan kadar gula darah berkaitan juga dengan perubahan hormonal, jadi meskipun jarang terjadi, diabetes ternyata bisa menjadi pemicu haid yang tidak teratur.

 

demikian juga gangguan pencernaan seperti Penyakit celiac yang dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Peradangan yang terjadi akibat celiac disease mampu menghambat tubuh menyerap nutrisi penting dan akhirnya mempengaruhi siklus menstruasi yang biasa Anda alami.

 

Itulah beberapa penyebab haid tidak lancar yang sering dialami oleh wanita. Salah satu cara mengatasi haid tidak lancar adalah dengan mengkonsumsi jamu pelancar haid yang terbuat dari bahan alami seperti jamu Air Mancur. Jamu Air Mancur aman dikonsumsi dan terbuat dari bahan berkualita sehingga bisa membantu mengatasi masalah haid tidak lancar.

 

Tips Lainnya