Manfaat Jahe Yang Belum Orang Ketahui

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat tradisional. Jahe termasuk famili Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Jahe memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan, bahkan dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Senyawa Fenolik dalam jahe dikenal mampu meringankan iritasi gastrointestinal (GI), merangsang produksi air liur dan empedu, dan menekan kontraksi lambung saat makanan dan cairan bergerak melalui saluran GI. Jahe juga memiliki efek menguntungkan pada enzim tripsin dan lipase pankreas, dan untuk meningkatkan motilitas melalui saluran pencernaan. Ini menunjukkan jahe bisa membantu mencegah kanker usus besar dan sembelit.

Selain itu, jahe juga dipercaya mampu mengurangi berbagai gejala flu, demam, dan mual karena sifatnya yang bisa menghangatkan tubuh dari dalam. Tanaman ini juga mengandung banyak vitamin, khususnya vitamin B6 dan vitamin C. Kandungan mineralnya pun tergolong cukup tinggi.

Jahe juga ternyata memiliki kandungan gula yang bisa dibilang hampir tidak ada, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun seseorang yang sedang menjalani diet. (sumber: Tirto.id)

Manfaat dari jahe tidak hanya untuk kesehatan semata, namun juga bermanfaat bagi kecantikan. Salah satunya untuk mengatasi jerawat pada wajah. Kandungan anti-inflamasi di dalam bahan alami yang satu ini ampuh dalam membantu mengatasi jerawat agar kering lebih cepat. Selain itu, jahe berkhasiat untuk mencerahkan kulit dengan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Adanya sel kulit mati pada wajah merupakan salah satu penyebab kulit terlihat lebih gelap dan kusam. Untuk hasil yang maksimal, maka bisa gunakan jahe sebagai scrub wajah secara rutin.

Aturan Konsumsi dan Efek Samping

Tanaman jahe dapat dikonsumsi secara langsung (dimasukan ke dalam minuman atau masakan), dijadikan bubuk, dikeringkan sebagai bumbu, atau diseduh sebagai minuman. Jahe juga dikenal dengan manfaatnya terhadap kulit, maka tidak jarang jahe juga digunakan dalam produk kecantikan.

Berbicara mengenai efek samping, beberapa ahli herbal banyak yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi jahe lebih dari 4 g dalam sehari. Hal itu dikarenakan efeknya akan berlebihan sehingga menimbulkan rasa mulas, perut kembung, mual, dan gangguan pencernaan lainnya.

Produk-Produk Herbal yang Mengandung Jahe

Air Mancur sebagai perusahaan jamu dan herbal berusaha mengembangkan bahan-bahan tradisional ini dalam skala produksi. Bukti dan pengalaman orang kita terdahulu dalam penggunaan jahe dibuat menjadi lebih modern dengan kemasan siap pakai tanpa mengurangi khasiat dan manfaatnya. Beberapa produk Air Mancur yang menggunakan bahan dasar jahe, diantaranya: Pilis Renteng Padat, Tapel Wangi Pada Renting, Benpwass Kapsul, Benpwass Serbuk, Manmaxx, Serbuk Prourat, dan masih banyak lagi