Fakta Unik Seputar Kehamilan dan Bayi

Kehamilan dan melahirkan bayi bagai sebuah keajaiban tersendiri. Moms mungkin takjub dengan pengalaman luar biasa yang dilewati mulai dari proses kehamilan hingga bayi lahir dan berada dalam pelukan.

Tahukah Moms, bayi di dalam kandungan ternyata sudah buang air kecil? Ada begitu banyak fakta menarik yang mungkin Moms tidak tahu seputar kehamilan dan bayi. Yuk, simak fakta-fakta unik berikut.

Indra penciuman perempuan hamil lebih tajam

Penelitian membuktikan perempuan hamil memiliki indra penciuman tinggi atau lebih tajam dari biasanya. Ternyata hal ini sangat berguna untuk menghindari makanan yang tidak boleh dimakan saat proses kehamilan.

Ukuran kaki perempuan hamil bertambah besar

Kebanyakan perempuan mengalami pembengkakan di kaki mereka selama kehamilan. Hal ini terjadi karena berat air dan cairan lainnya yang harus ditopang dalam perutnya. Kaki Moms dapat membesar hingga menambah satu ukuran sepatu.

Bayi di dalam kandungan buang air kecil dan meminumnya kembali

Setelah Moms hamil sekitar empat bulan, janin mulai buang air kecil di dalam ketuban. Janin bahkan membuang air kecil hingga satu liter sehari! Ke mana urin tersebut dibuang? Hampir sebagian besar cairan ketuban sesungguhnya merupakan urin si janin. Jadi sebagian urin malah diminum kembali oleh janin. Janin minum melalui air ketuban dan mengeluarkan urin yang akan diolah kembali menjadi air ketuban. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan dan membangun fungsi ginjal pada janin.

Bayi dalam kandungan memiliki rambut di seluruh tubuhnya

Saat bayi dalam kandungan, ia mengembangkan rambut di seluruh tubuh yang disebut lanugo. Rambut tersebut terlihat seperti mantel bulu yang berfungsi melindungi dan menjaga agar suhu bayi tetap hangat

Lanugo tumbuh ketika janin berusia lima minggu dan akan hilang mulai usia tujuh atau delapan minggu sampai sebelum dilahirkan. Pada beberapa kelahiran, lanugo masih akan terbawa hingga lahir lalu rontok pada beberapa minggu kemudian.

Makanan kesukaan manusia sudah dimulai sejak di dalam kandungan

Banyak orang yang memiliki kesukaan terhadap jenis makanan tertentu, misalnya kesukaan terhadap rasa pedas, manis, sedikit asam, atau lainnya. Biasanya orang percaya hal itu terjadi karena pengaruh lingkungan atau sering mencicipinya sejak kecil.

Namun ternyata bayi di dalam kandungan memiliki kemampuan merasakan berbagai makanan yang dimakan ibunya. Para peneliti menemukan fakta, janin bisa merasakan beberapa rasa makanan ibu melalui ketubannya.

Janin bisa ikut merasakan ketika ibunya menyantap makanan yang memiliki rasa kuat seperti bawang putih, jahe, atau makanan manis. Hal ini merupakan salah satu rangsangan yang baik untuk persiapan si kecil membangun rasa yang akan dirasakan hingga menyukai rasa tertentu setelah lahir.

Bayi merekam suara-suara sejak dalam kandungan

Mengapa bayi baru lahir sudah bisa merespons suara ibunya? Padahal saat baru lahir, kemampuan mendengar bayi belum sempurna karena telinga tengahnya masih terisi cairan yang sedikit mengganggu pendengaran.

Namun bayi bisa mengenali suara ibunya. Suara ibu adalah suara paling jelas yang didengar bayi sejak masih berada dalam kandungan. Hal itulah yang membuat bayi dapat merespons suara ibunya lebih baik dari suara orang lain.

Bayi baru lahir yang tertidur pun dapat mengenali suara ibunya hanya melalui satu kata. Selain itu, suara ibu dapat mengaktifkan otak bayi yang berhubungan dengan kemampuan bahasanya.