Pertanyaan Seputar Kehamilan dan Bayi

Saya sering berolahraga di gym dan rutin melakukannya minimal dua kali seminggu. Saat  ini saya tengah hamil anak pertama. Apakah aman berolahraga saat hamil?
Berolahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh Moms yang tengah hamil, asalkan kehamilan tersebut normal dan sehat. Untuk Moms yang hamil dengan tingkat risiko rendah, berolahraga malah dianjurkan untuk menjaga stamina tubuh. Moms bisa melakukan aerobik ringan lima kali dalam sepekan, dengan masing-masing sesi selama 30 menit. Namun pastikan kehamilan Moms memang tidak berisiko tinggi atau jika Moms memiliki riwayat kesehatan tertentu. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan untuk menentukan jenis olahraga yang aman untuk Moms lakukan. Jika sebelum hamil Moms aktif berolahraga, lanjutkan saja rutinitas tersebut. Sebaliknya, bila sehari hari Moms tidak terbiasa olahraga, lakukan secara setahap demi setahap, jangan terlalu agresif.

Saya suka sekali makan sushi dan seafood. Apakah aman mengonsumsi ikan selama kehamilan?
Moms malah disarankan makan ikan saat hamil karena ikan mengandung omega-3 dan protein tinggi. Omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak janin. Namun ibu hamil tidak boleh memakan ikan mentah seperti sushi dan sashimi. Boleh saja makan sushi, asal ikan yang digunakan sudah matang. Selain itu, perhatikan beberapa ikan laut mengandung merkuri tinggi. Kandungan merkuri bisa berakibat buruk pada pertumbuhan janin. Hindari ikan- ikan besar seperti ikan king makarel dan ikan marlin karena termasuk ikan laut dengan merkuri tinggi. Ikan laut memiliki asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi dibanding ikan air tawar. Namun, ikan air tawar seperti lele dan nila lebih aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena tidak mengandung merkuri tinggi.

Saya tidak bisa hidup tanpa kopi! Namun saat ini saya tengah hamil, apakah saya masih boleh minum kopi setiap hari?
Moms boleh saja meminum sedikit kopi saat hamil, tetapi ini tergantung pada kondisi kehamilan Mom. Jika kehamilan Moms termasuk normal dan berisiko rendah, konsumsi kopi dengan kafein dalam dosis rendah masih tergolong aman. Namun sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan, apakah kondisi kehamilan Moms aman terhadap kafein yang terkandung dalam kopi. Apakah bayi baru lahir perlu menggunakan sarung tangan setiap saat? Bayi baru lahir biasanya kerap dipakaikan sarung tangan. Banyak orangtua yang memakaikan sarung tangan pada bayinya sepanjang hari. Sarung tangan bayi dikenakan untuk menghindarkan kulit muka bayi dari luka goresan kuku bayi. Namun sebaiknya sarung tangan tidak dipakai terlalu lama. Jika kuku bayi mulai panjang, baiknya kuku segera digunting. Pemakaian sarung tangan yang terlalu lama dapat mengganggu sensorik dan motorik tangan dan jari bayi untuk berkembang dengan sempurna. Bayi juga tidak mendapat stimulasi dari sensasi sentuhan benda yang dipegangnya. Bayi perlu belajar meraba dan memegang sejak usia dini.

Ibu saya berkata saya terlalu sering menggendong anak saya. Katanya, anak saya nanti bau tangan. Apakah benar demikian?
Bayi memang perlu sentuhan setiap saat. Jadi bayi sejatinya hadir untuk dipeluk dan digendong. Setiap anak tentunya ingin menempel terus pada orangtuanya karena mencari kenyamanan dan rasa aman dari orang yang dikenal. Bayi saya tidur dengan empeng, apakah ini aman untuk tumbuh kembangnya? Empeng selama ini sering dijadikan senjata ampuh membuat bayi tenang. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bayi yang memakai empeng saat tidur dapat menurunkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi (Sudden Infant Death Syndrome/SIDS). Empeng kerap dipakai saat prosedur medis seperti saat imunisasi sehingga bayi teralihkan sementara waktu. Saat penerbangan, penggunaan empeng dapat membuat bayi lebih tenang karena mampu meredekan sakit pada telinga akibat perubahan tekanan udara. Namun pertimbangkan sisi buruknya seperti dapat menghambat proses menyusui akibat bayi bingung puting. Bingung puting merupakan kondisi saat bayi tidak bisa membedakan puting dan empeng, karena cara mengisap yang berbeda. Jika bayi terbiasa dengan empeng, ia bisa menolak menyusui langsung di puting ibunya. Jika penggunaan empeng terus berlanjut, gigi anak bisa menjadi rusak atau tumbuh tidak sejajar. Sisi buruk lainnya adalah rentan terkena infeksi telinga. Selain itu, bayi bisa menjadi terlalu berketergantungan pada empeng.