Pentingnya Pijat Bayi dan Cara Terbaik Melakukannya

Memijat bayi adalah cara yang indah bagi Moms untuk mengekspresikan cinta pada si buah hati. Ada banyak manfaat pijat untuk orangtua maupun bayi. Beberapa manfaat untuk bayi antara lain meningkatkan berat badan, membantu pencernaan, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi rasa sakit.

Beberapa penelitian juga membuktikan memijat bayi dapat mengurangi tangisan bayi dan membantunya tidur lebih tenang. Bahkan pijat dapat meningkatkan imunitas tubuh bayi. Berikut ini 9 manfaat pijat yang bisa dirasakan bayi dan orangtuanya:

  1. Merelaksasi bayi agar lebih tenang dan senang
    Direktur Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, Tiffany Field, PhD mengatakan ketika memijat bayi, sebenarnya Anda sedang merangsang sistem saraf pusatnya. “Itu memicu reaksi berantai, membuat otaknya memproduksi lebih banyak serotonin, bahan kimia yang membuat perasaan enak dan lebih sedikit kortisol, hormon yang disekresikan sebagai respons terhadap stres. Akibatnya, detak jantung dan pernapasan bayi Anda melambat, dan dia menjadi lebih santai,” tutur Tiffany Field.
  2. Merawat Emosional Ikatan Batin Orangtua dan Anak
    Memberi bayi pijat teratur juga baik menjaga keterikatan emosional dan ikatan batin antara orangtua dan bayi, karena kontak mata intens antara orangtua dan bayi selama pijatan berlangsung.
    Bayi baru lahir belum bisa mengenali orangtuanya lewat wajah, melainkan melalui suara dan sentuhan Anda. Sentuhan lembut dan mesra akan membantu bayi membangun keper- cayaan dan perasaan positif tentang Anda.
  3. Berat badan dan nafsu makan meningkat
    Berat badan bayi yang dipijat cenderung meningkat. Nafsu makan si kecil juga akan meningkat setelah rutin dipijat.
  4. Melancarkan saluran pencernaan dan pernapasan
    Memijat bayi juga bisa mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman jika bayi mengalami masalah pencernaan atau pernapasan.
  5. Bayi akan tidur lebih pulas
    Karena tubuhnya rileks, bayi Moms akan lebih mudah tidur pada malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, sibuah hati pun akan pulas semalaman tanpa harus terbangun tengah malam dan menangis. Jika bayi Moms sering sekali ter- bangun di tengah malam dan menangis, sedikit pijatan di sore hari bisa jadi solusinya.
  6. Melatih kepekaan saraf dan indra peraba bayi
    Lewat sentuhan yang lembut dan berirama, bayi akan menerima stimulasi yang positif bagi saraf dan indra perabanya yang belum sempurna. Moms dan si kecil akan belajar membedakan sentuhan mana yang tekanannya terlalu besar dan mana yang tepat. Pijatan Moms juga akan merangsang aktivitas saraf-saraf bayi sehingga berbagai saraf tersebut akan lebih cepat berkembang. Selain itu, otot-otot bayi juga akan jadi lebih fleksibel dan kuat.
  7. Mendukung pertumbuhan otak bayi
    Tanpa disadari, manfaat pijat bayi juga dirasakan otak si buah hati, karena pengalaman baru akan merangsang lahirnya selsel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh kembang otaknya. Lewat pijat bayi, ia akan belajar berbagai hal baru. Mulai dari variasi sentuhan orangtuanya, aroma dari minyak pijat, hingga komunikasi antara orangtua dan bayi. Stimulasi tersebut juga akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertang- gung jawab mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris.
  8. Menambah kepercayaan diri orangtua pasca melahirkan
    Saat melahirkan bayi, apalagi anak pertama, ban- yak orang tua dilanda kecemasan. Dengan memijat bayi, Moms akan jadi lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi si buah hati. Kegiatan ini bisa memban- tu Moms menyadari, Moms bisa mengendalikan berbagai situasi yang muncul ketika bersama dengan bayi. Rasa cemas, kewalahan, dan takut akan berangsur hilang jika Moms telah mengendalikan bayi lewat pijatan-pijatan lembut. Ketika memijat bayi, Moms juga akan merasa rileks. Hal ini memicu produksi hormon oksitosin yang membuat Moms merasa lebih positif.
  9. Tekstur kulit bayi menjadi lebih baik
    Sentuhan serta minyak yang digunakan untuk memi- jat bayi dapat mendorong pembentukan tekstur kulit bayi menjadi lebih baik. Seperti memijat bayi dengan Minyak Telon Air Mancur yang mengandung minyak kayu putih 64%, minyak kelapa 64%, essensial oil lavender 4%, dan minyak adas 2%. Kandungan ini dapat membuat kulit bayi menjadi lebih lembut.