6 Tips Atasi Perubahan Tubuh Pasca Melahirkan

Kehamilan membawa perubahan besar di tubuh Moms. Dalam sembilan bulan, terjadi perkembangan hormon yang tidak teratur yang dapat berimbas ke pencernaan, bentuk tubuh, psikologis, dan lainnya. Salah satu yang paling Moms rasakan saat hamil adalah perubahan bentuk tubuh. Setelah melahirkan, tubuh Moms tidak bisa langsung kembali ke bentuk semula, bahkan butuh proses panjang untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil.

Perawatan tubuh pasca melahirkan berikut dapat membantu Moms kembali segar, cantik, dan mencegah depresi pasca melahirkan.

  1. Kembalikan kondisi kandung kemih dengan berolahraga
    Saat hamil hingga pasca persalinan, umumnya ibu hamil akan sering buang air kecil akibat tekanan dari rahim yang membesar. Pada persalinan normal, saat proses melahirkan dapat menyebabkan jaringan ikat pada area kandung kemih mengalami gangguan. Efeknya Moms akan sering buang air kecil. Bahkan kencing tanpa sadar atau disebut kebocoran buang air kecil, misalnya saat tertawa atau saat mengangkat beban. Untuk mengatasinya, Moms bisa lakukan latihan otot panggul. Lakukan senam yang melibatkan otot panggul setiap hari. Latihan kontraksi dapat mengembalikan fungsi kandung kemih secara optimal. Patut diingat, untuk Moms yang melahirkan secara caesar biasanya baru diperbolehkan untuk berolahraga ringan delapan minggu setelah melahirkan. Sementara Moms yang melahirkan normal biasanya dapat berolahraga ringan setelah melewati masa nifas. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan untuk waktu terbaik kapan Moms boleh mulai berolahraga kembali.
  2. Pulihkan tenaga dengan beristirahat
    Tidak ada obat paling manjur untuk kelelahan pasca melahirkan selain istirahat. Kurang tidur karena mengurus bayi bisa membuat Moms merasa sangat lelah hingga dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan. Moms bisa menyiasati waktu istirahat dengan tidur ketika bayi sedang tidur. Posisikan kasur Moms sedekat mungkin dengan tempat tidur bayi agar mudah menyusui pada malam hari. Minta bantuan orang lain selama beberapa hari untuk membereskan rumah agar Moms dapat beristirahat lebih lama. Moms perlu berbagi tugas dengan suami dalam hal mengganti popok, memandikan bayi, hingga menggendongnya. Agar tubuh semakin rileks, luangkan waktu dengan pijat. Pasca melahirkan, Moms perlu mendapatkan pijat relaksasi yang juga berfungsi untuk melancarkan produksi ASI. Apalagi saat ini sudah tersedia layanan pijat pasca melahirkan yang bisa dipanggil ke rumah. Selain pijat, untuk menghilangkan pegal-pegal pada tubuh, Moms bisa menggunakan param yang tersedia dalam Paket Bersalin Air Mancur.
  3. Perubahan bentuk payudara
    Pasca melahirkan, payudara Moms akan tampak memerah, bengkak, dan terasa sakit. Pada beberapa perempuan, payudara akan terasa penuh dengan air susu sekitar satu- dua hari setelah melahirkan. Beberapa hari setelah itu, payudara akan tampak mengendur. Payudara Moms juga akan memproduksi banyak air susu selama beberapa minggu ke depan. Sebagian besar perempuan bahkan mengalami air susu yang sampai merembes pada pakaian yang dikenakan. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan menyusui. Jika sedang tidak menyusui, perah air susu untuk disimpan. Tubuh secara alami akan langsung memproduksi kembali air susu saat payudara kosong. Agar produksi ASI lancar, Moms bisa memakai herbal seperti Pil Bersalin Air Mancur yang bisa memperlancar ASI.
  4. Atasi pigmentasi kulit dan stretch mark
    Wajah bergaris atau memiliki gradasi warna merupakan hal yang lumrah terjadi pasca melahirkan. Kondisi ini sebenarnya sudah terjadi sejak masa kehamilan. Hal ini dikarenakan hormon Moms yang belum stabil dan akan terus berlangsung selama enam bulan setelah melahirkan. Perbedaan warna kulit pada wajah bisa Moms kurangi dengan menggunakan masker khusus secara rutin yaitu sekali dalam seminggu. Pelan-pelan, cara ini bisa membuat warna kulit wajah lebih merata. Sementara itu untuk kulit tubuh, Moms bisa gunakan pelembap yang mengandung vitamin E dan asam alfa- hidroksi (AHA) yang mampu membantu meratakan warna kulit juga melembutkan dan menghaluskannya. Selain itu, gunakan tabir surya secara rutin Keluhan lain adalah stretch mark yang muncul saat hamil. Setelah melahirkan, stretch mark berupa guratan- guratan terutama di sekitar perut masih tersisa. Moms bisa mengoleskan minyak zaitun atau minyak VCO (virgin coconut oil) secara rutin.
  5. Mengencangkan perut
    Paska melahirkan, perut Moms akan tampak kendur dan kulitnya bergelambir. Seiring waktu, ukuran dan lemak di perut akan mengecil setelah melahirkan. Ukuran rahim setelah melahirkan memerlukan waktu untuk kembali normal. Namun hal ini bisa dilakukan jika Moms menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengencangkan perut, salah satunya adalah dengan menyusui. Dengan menyusui bayi, berat badan Moms secara alamiah bisa turun. Selain itu, jika sudah lewat masa nifas, Moms bisa berolahraga ringan seperti sit-up dan yoga khusus paska melahirkan. Tentu saja, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan kapan boleh memulai olahraga. Moms juga bisa mengenakan stagen atau korset untuk membantu mengencangkan perut. Sebelumnya, oleskan larutan tapel dari rangkaian Paket Bersalin Air Mancur. Fungsinya adalah untuk membantu menyehatkan dan mengencangkan rahim, serta mengurangi kelebihan lemak supaya perut tetap ramping.
  6. Rambut rontok
    Sebagian besar perempuan hamil akan merasakan rambut yang lebih tebal dan bercahaya. Sebaliknya, paska kelahiran rambut malah cenderung rontok. Rambut rontok sekitar 100 helai per hari pada kondisi normal. Hal ini sebenarnya normal saja karena disebabkan menurunnya kadar estrogen kembali ke kadar normal usai melahirkan. Rambut rontok setelah melahirkan bisa mulai kapan saja sejak bayi lahir. Pada beberapa ibu, rambut rontok sudah dimulai sejak bayi baru berusia beberapa hari. Namun sebagian besar mengalami puncak rambut rontok saat bayi berusia tiga atau empat bulan. Kondisi ini bisa bertahan bahkan hingga satu tahun. Jadi jika bayi Moms sudah menginjak masa MPASI (makanan pendamping ASI) dan rambut masih rontok juga, Moms tidak perlu khawatir. Untuk merangsang rambut dapat tumbuh lebih cepat, Moms hanya perlu merawat kebersihan dan memberi nutrisi vitamin rambut.