Mempersiapkan Persalinan Buah Hati dengan Matang

Moms, apakah momen melahirkan sudah di depan mata? Biasanya di pengujung masa kehamilan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu sekaligus mencemaskan.

Tak perlu khawatir, yang penting Moms perlu mempersiapkan semuanya, mulai dari mental hingga materi. Berikut 10 persiapan menjelang kelahiran si kecil:

  1. Dokumen penting
    Persiapkan segala dokumen yang diperlukan untuk memudahkan persyaratan persalinan dan lainnya. Dokumen penting itu meliputi kartu identitas, kartu kesehatan atau asuransi, dan setiap dokumen penting rumah sakit termasuk pemeriksaan rutin dokter atau bidan. Jangan lupa, dokumen-dokumen ini perlu Moms satukan dalam sebuah folder atau map.
  2. Baju  untuk persalinan
    Siapkan pakaian yang membuat Moms nyaman saat proses persalinan. Kenakan pakaian longgar dan tidak rumit seperti sarung. Selain itu, siapkan kemeja dan daster dengan kancing depan agar mudah saat menyusui bayi. Jangan lupa menyiapkan pakaian dalam yang nyaman. Minimal untuk tiga hari menginap Moms bisa menyiapkan bra ibu menyusui. Selain itu persiapkan juga pembalut khusus pasca melahirkan.
  3. Perlengkapan mandi
    Moms sebaiknya membawa peralatan mandi sendiri, meski beberapa rumah sakit sudah menyiapkannya. Seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan sebagainya. Di rumah, persiapkan segala keperluan mandi si bayi, dari sabun sampai bak mandi bayi.
  4. Pakaian bayi
    Pakaian bayi jadi satu hal yang tidak kalah penting disiapkan sebelum melahirkan. Contohnya seperti popok, baju, sarung tangan, selimut, dan kaus kaki. Biasanya bayi akan mengenakan baju dari rumah sakit. Namun saat pulang, bayi akan mengenakan baju yang Moms bawa dari rumah. Jadi, pastikan Moms juga menyiapkan pakaian bayi untuk di rumah, ya. Siapkan pakaian berlengan panjang maupun lengan pendek, serta celana panjang dan celana pendek. Pada malam hari atau cuaca dingin, sebaiknya bayi usia 0 -3 bulan mengenakan pakaian berlengan panjang dan celana panjang karena rentan sakit akibat suhu dingin.
  5. Bantal menyusui
    Agar mudah saat menyusui, apalagi untuk Moms yang baru pertama kali menyusui, bisa membawa bantal khusus untuk menyusui. Bantal ini akan menopang tangan dan bayi Moms saat menyusui.
  6. Barang penyemangat
    Perlu juga membawa barang yang bisa meredakan kecemasan Moms dan membuat lebih rileks menjelang persalinan, misalnya pemutar musik, foto USG janin, buku tentang persiapan persalinan, majalah, dan sebagainya.
  7. Mencari tahu seluk beluk tentang melahirkan
    Moms perlu mempelajari seluk beluk melahirkan hingga risiko pasca melahirkan agar membuat Moms lebih siap. Moms juga dapat mengikuti kelas khusus prenatal. Penting juga mengikuti kelas laktasi sehingga Moms bisa belajar tentang ASI eksklusif, baik tantangannya maupun manfaatnya.
  8. Meminta dukungan
    Ibu hamil dan menyusui sangat memerlukan dukungan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sejak dini pastikan Moms mendapat dukungan dan perhatian dari suami dan anggota keluarga lainnya.
    Moms juga bisa menceritakan kecemasan kepada keluarga dan meminta solusi kepada yang sudah berpengalaman. Biasanya sugesti dari keluarga, terutama suami, amat terasa bagi mental ibu sebelum melahirkan.
  9. Latihan fisik
    Moms bisa mengikuti senam kehamilan untuk menjaga kebugaran dan melatih fisik agar menghadapi persalinan. Lakukan rutin setiap hari, tapi pastikan konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Latihan yang bisa dilakukan misalnya jongkok agar membuat otot paha dan otot panggul lebih kuat. Moms juga bisa mengikuti yoga untuk mengurangi stress dan membantu melancarkan proses persalinan.
  10. Pompa ASI
    Ada baiknya Moms menyiapkan pompa ASI dan juga botol untuk menyimpan ASI. Semakin sering disusui dan dipompa, ASI semakin banyak keluar. Menyimpan ASI penting juga terutama jika Moms harus kembali bekerja setelah cuti melahirkan usai. Pada Moms yang memiliki puting datar, pompa ASI juga bisa mengangkat puting keluar. Puting datar merupakan kondisi puting yang tidak lebih tinggi dari areola (daerah payudara yang warna kulitnya berwarna kecoklatan). Rajin-rajin memompa selama seminggu agar puting Moms bisa menonjol.