HOME    ABOUT US    PRODUCTS    NEWS & EVENT    CONTACT US    CART (0)

ABOUT JAMU

Jamu: Obat Herbal Indonesia
Tuhan telah menganugrahi alam bagi manusia dengan segala keajaiban yang tak terbatas, varietas, dan manfaat. Indonesia sangat kaya berbagai sumber daya alam, terutama tanaman dan tumbuh-tumbuhan.
Sejak ribuan tahun lalu, orang Indonesia sudah meracik berbagai tanaman ini untuk kesehatan. Pencatatan sejarah jamu disebutkan bahwa telah muncul untuk pertama kali sejak jaman Kerajaan Hindu Mataram atau sekitar 1300 tahun yang lalu. 

Meskipun begitu, jamu di Indonesia secara siknifikan berbeda karena beberapa bahan herbal yang hanya tersedia dan  ditemukan di Indonesia. Kitab Madhawapura's adalah sebuah buku catatan resep jamu dari Kerajaan Majapahit yang menceritakan tentang "Pembuatan Jamu" yang disebut "Acaraki'

Melalui perdagangan antar bangsa jaman itu, dan karena khasiatnya yang luar biasa, penggunaan tanaman sebagi obat menyebar luas ke berbagai penjuru negri. Adalah Mevrouw J.M.C. Kloppenburg-Versteegh (1862-1948), seorang wanita asal Belanda di tahun 1907 yang menulis tentang jamu dengan judul ‘Indische Planten en Haar Geneeskracht’ (Indigenous Plants and Their Healing Properties). Beliau menulis sebuah buku yang memuat 497 tanaman atau bagian tanaman yang berkhasiat, dan juga 1467 resep herbal yang menggunakan tanaman berkhasiat tadi. 

Air Mancur yang merupakan salah satu pionir dalam industri jamu., telah memegang peranan penting membawa jamu ke tingkat  yang lebih modern, dan ilmiah sehingga lebih  diterima masyarakat luas bahkan dunia international.